Posted by : Nurinaernest Minggu, 09 Oktober 2016

       Mohammad Hatta — 'Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.'
     Ya, aku sependapat dengan Mohammad Hatta. Bersama buku, aku merasakan dunia lain yang sangat luas. Aku tak merasa sedih, bosan maupun sendiri. Tetapi aku merasa ada 'sosok' yang menemaniku.  Aku senang berada bersama buku-bukuku. Aku merasa buku adalah teman baik yang lebih sabar dari manusia. Setiap saat aku selalu tak lupa membawa bukuku ikut serta, ke kampus, perjalanan di dalam kereta, kantin, di bawah pohon kampus dan di manapun berada bahkan WC sekalipun. Karena aku merasa pasti akan ada waktu luang yang hadir sehingga waktu itu sangatlah cocok untuk membaca.
\
Curiosita
 50x70 cm
cukilan kayu di atas kertas
2016
Nurina Susanti
      
    Meminjam salah satu prinsip dari Leonaro da Vinci yaitu curiosita, keingintahuan yang tinggi dan kemauan untuk terus belajar saya visualkan dalam bentuk karya seni cukil kayu sebagai ilustrasi dari penggambaran buku. Buku sangatlah mendukung langkahku menuju curiosita. Apapun yang kita cari mampu kita temukan dalam buku-buku. Bersama buku, kita tidak akan tersesat karena petunjuk dalam setiap lembarnya menuntun kita untuk melangkah.   
    Kita semua lahir ke dunia dengan dibekali rasa ingin tahu. Curiosita (rasa ingin tahu) didasarkan pada dorongan yang sama membawa pada dorongan ilmiah itu, dorongan yang sama membawa kita untuk membaca hingga halaman terakhir--hasrat untuk belajar lebih banyak. Usaha mencari pengetahuan membuka pintu menuju kebebasan. Sejauh manakah kamu memiliki rasa ingin tahu? Kapan untuk terakhir kalinya kamu mengejar pengetahuan semata-mata demi mengejar kebenaran? 

"Hasrat untuk mengetahui adalah wajar bagi orang-orang yang benar" 
                  - Leonardo da Vinci
     Memang, buku memberikanku kebebasan. Pikiranku mengembara, melang-lang buana dan berimajinasi tanpa henti. Aku merasa tenang saat membaca buku Tak ada perasaan tertekan. Aku mulai merasa bahwa kebebasan adalah hal yang diidamkan banyak orang. Apabila mereka sadar, dengan buku mereka akan akan merasakan ketenangan, kenyamanan dan kebebasan.

Surakarta, 9 Oktober 2016

DAFTAR PUSTAKA

Michael J. Gelb, 2001. Menjadi Jenius seperti Leonardo da Vinci : Menggunakan Tujuh Prinsip Da Vinci untuk Meningkatkan Kreativitas dan Menyeimbangkan Tubuh dan Pikiran. Gramedia Pustaka Utama.

 

{ 1 komentar... read them below or add one }

Welcome to My Blog

Followers

copyright by Nurina Susanti. Diberdayakan oleh Blogger.

NURINAERNEST

Foto Saya
Indonesian author | Love Printmaking | Be enthusiasticc everyday! :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

- Copyright © 2013 Nurinaernest -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -