Posted by : Nurinaernest Kamis, 12 Mei 2016

     Malam ini, saya ingin sedikit bercerita dan membangun pertanyaan tentang lingkungan yang memengaruhi hidup. Saya merasa bahwa di mana tempat kita berada sangat berpengaruh pada proses dan pergerakan yang kita lakukan. Contoh kecil yang dapat kita ambil adalah bila kita sedang mencari kertas di Toko A yang jauh dari rumah. Apabila kita tinggal di daerah dekat toko A, tentu kita memiliki waktu dan kecepatan yang berbeda dalam menempuh perjalanan menuju toko. Lalu, apakah kondisi kita juga mudah terpengaruh oleh lingkungan? Perkembangan dan daya kreasi seni terpengaruh oleh di mana dan bersama siapa kita belajar?

   Saya menyadari bahwa pergerakan para perupa muda di Jogja maupun Bandung terasa lebih cepat dan aktif dibandingkan dengan pergerakan di kota Solo. Walaupun memang bukan saatnya saya membahas hal itu karena sudah disadari oleh berbagai pihak, tetapi bagi saya ini menarik. Salah satunya Jogja yang merupakan kota seni, dikenal memiliki jadwal acara seni yang tidak pernah berhenti didukung oleh banyaknya ruang seperti galeri maupun art space. Seniman-seniman besar pun banyak yang terlahir dari sana sehingga para perupa muda bisa belajar langsung oleh seniman baik melalui institusi sebagai mahasiswa seni rupa atau masuk sanggar-sanggar. Tidak boleh menjadi alasan, saya tahu bahwa kota Solo yang saya tempati sekarang ini juga tidak kalah aktif dibanding pergerakan di kota Jogja. Dan kata guru saya, dengan modal nekad, semua itu dapat tercapai. Tak perlu malu untuk melanglang buana mencari ilmu di kota lain bila kita sudah menanamkan persepi sebuah keterkungkungan berada di kota yang belum menyuguhkan apa yang selama ini kita cari. 
     Lalu apa langkah yang harus kita ambil untuk menghadapinya? Apakah kita harus terdiam pasif? Mulai bergerak? Saya pikir kita harus ikut membangun lingkungan yang mampu kita isi dengan kegiatan berkesenian yang kita harapkan. Mulai dari membentuk kegiatan-kegiatan kecil seperti diskusi karya, akan membentuk pola pikir baru bahwa di manapun kita berada, kita bisa belajar banyak hal. Tergantung bagaimana persepsi kita saat memandang. Dan bagaimana lingkungan yang mendukung, kitalah yang harus melakukan perubahan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Followers

copyright by Nurina Susanti. Diberdayakan oleh Blogger.

NURINAERNEST

Foto Saya
Indonesian author | Love Printmaking | Be enthusiasticc everyday! :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

- Copyright © 2013 Nurinaernest -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -